Senin, 13 September 2010

Pelecing Kangkung dari Lombok

Menu pelecing kangkung ini berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebenarnya ini bukan makanan khas Ramadan, melainkan menu sehari-hari orang Sasak di sana.
Seorang warga Kelurahan Pagutan di Mataram, Fairuzzabadi, mengungkapkan sajian ini merupakan pembuka selera makan dengan rasa pedas. "Ngempet elor lamun gitak pelecing," ujarnya, Selasa lalu. Artinya, sampai keluar air liur kalau melihat pelecing kangkung ini. Wah!
Bahan utama menu ini terdiri atas kangkung, busbusan (toge), dan jambah (kacang hijau yang direndam air dingin semalaman). Sebagai pelengkap, ditambahkan sambal nyiuh (kelapa yang dibakar terlebih dulu kemudian diparut atau dioseng supaya tahan beberapa jam). Sambal pelecing dibuat dari bahan terasi, lombok, tomat, dan garam.
Menu yang mirip pelecing kangkung adalah serebuk (urap). Bahannya kacang panjang, busbusan (toge), kendokak (kecipir), dan paku (pakis). Ada juga pelengkap sayur-sayuran lain, seperti kol (kubis) atau daun turi. Bumbunya sambal kelapa. Menu ini disajikan dengan taburan embe (bawang goreng) sebagai penambah rasa.
Untuk berbuka puasa, menu yang tidak dilupakan oleh warga Lombok adalah penget atau pulek, yang bisa disebut juga sebagai kolak karena ditambahi kuah. Dibuatnya dari ambon (ubi jalar) dan pisang plus kelapa yang diparut dan gula tapi tanpa kuah seperti kolak.
Fairuzzabadi menganggap penget sebagai makanan pilihan sebagaimana dianjurkan Nabi Muhammad SAW agar memakan yang serba manis sebagai sajian berbuka puasa. Penget atau pulek (juga kolak karena berkuah) banyak dijual dalam kantong plastik.
Salah seorang yang tak bisa meninggalkan penget adalah Atik alias Usin, seorang perempuan di Kampung Pelita, Kelurahan Dasan Agung. "Saya tidak bisa minum es, jadi tidak bisa tidak, harus ada penget," ujarnya ramah.
TEMPO Interaktif, Jakarta:

2 komentar:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    BalasHapus
  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus