Jumat, 05 Juni 2009

Daftar Prediksi Teknologi Terburuk Sepanjang Masa

Prediksi salah Bill Gates mendominasi daftar ramalan teknologi terburuk sepanjang masa.
Bahkan orang-orang besar pun bisa salah dalam membuat pernyataan. Apalagi saat mereka membuat prediksi tentang kondisi di masa depan.
Baru-baru ini majalah gadget T3 mengurutkan daftar orang-orang yang memprediksi masa depan teknologi, tapi terbukti salah total. Siapa saja mereka?
Bill Gates pendiri Microsoft, menjadi salah satu di antaranya. Pria yang tahun ini baru saja pensiun dari Microsoft itu memang kerap membuat ramalan kontroversial.


Tapi, 'dosa' terberatnya adalah ketika pada 1981, ia meramal bahwa tak satupun orang yang akan membutuhkan kapasitas memori komputer lebih dari 640 KB.

Nyatanya, hampir semua komputer saat ini menyediakan memori yang setidaknya berkapasitas 512 megabita, atau hampir seribu kali lipat dari prediksi Gates.

Tak hanya itu, T3 juga menderetkan 'dosa' Bill Gates berikutnya, saat di Forum Ekonomi Dunia 2004 mengatakan bahwa, "dua tahun dari sekarang masalah spam akan bisa diselesaikan," seperti dikutip dari situs telegraph.co.uk

Untung T3 tak menyebutkan 'ramalan amatiran' Bill Gates lainnya, seperti matinya media cetak pada tahun 2000, yang ia ungkapkan di forum yang sama, di Davos, pada tahun 1996.

Bak cenayang, Gates memang gemar sekali melayangkan ramalan. Beberapa di antaranya, masih menunggu untuk dibuktikan, misalnya ramalan Gates dua tahun lalu, yang mengatakan bahwa masalah pembajakan di Asia, bakal tuntas pada 2016.

Namun salah ramal bukan hanya milik Gates. Beberapa tokoh lain terbukti salah saat meramal tentang masa depan sinar-X, telepon, jumbo jet, atau vacuum cleaner.

Namun, yang tak kalah fatal, adalah ramalan dari Sir Alan Sugar, miliarder tenar asal Inggris. Pada tahun 2005, Sugar yang merupakan pendiri perusahaan Amstrad, pernah berkata, "Natal mendatang, iPod akan mati, selesai, habis, tamat."

Sejak pernyataannya itu, pemutar musik buatan Apple itu justru mengalami peningkatan penjualan. Kini barang ini seperti menjadi 'gadget wajib', dan tak kurang dari 174 juta iPod telah terjual ke pasaran.



Jadi, mulai sekarang jangan lantas percaya dengan prediksi orang, sekalipun dari orang-orang yang terkenal.



1. iPod akan tamat - Sir Alan Sugar, miliarder Inggris (2005)

2. Tak perlu komputer untuk digunakan di rumah - Ken Olsen, pendiri Digital Equipment Corp (1977)

3. "Vacuum cleaner bertenaga nuklir mungkin akan terwujud dalam sepuluh tahun ke depan" - Alex Lewyt, President of Lewyt Corp (perusahaan vacuum cleaner)

4. "TV tak akan bertahan karena orang akan segera bosan memelototi kotak kayu itu setiap malam" - Daryl Zanuck (1946)

5. "Tidak akan ada pesawat yang lebih besar lagi (dari Boeing 247)" - Insinyur Boeing, sesaat setelah penerbangan pertama Boeing 247 yang mampu memuat 10 orang (1933)

6. "Kita sekarang berada di perbatasan rocket mail (surat yang dikirimkan lewat roket)" - US Postmaster General (semacam Dirjen Pos untuk Amerika Serikat) Arthur Sumerfield (1959)

7. Tak seorangpun akan memerlukan memori komputer yang lebih dari 640 KB - Bill Gates (1981)

8. "Orang Amerika Serikat memang membutuhkan telepon. Tapi orang Inggris tidak membutuhkannya, kita punya banyak tenaga penyampai surat" - Sir Milliam Preece, Chief Engineer Kantor Pos Inggris (1878)

9. Masalah Spam akan bisa dituntaskan dalam dua tahun - Bill Gates (2004)

10. "Sinar-X akan terbukti hanya sebagai cerita bohong" - Lord Kevin,
President Royal Society (1883)

sumber : http://www.kaskus.us/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar