Jumat, 05 Juni 2009

Toilet Masa Depan seperti Pampers alias Portable!!!

Tokyo-Seiring dengan booming wisata ke luar angkasa di masa datang, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) bekerja sama dengan insinyur swasta membangun space toilet. Proyek ini diharapkan selesai dalam jangka waktu lima tahun mendatang.

Toilet ini dirancang agar bersih dan mudah untuk digunakan. WC angkasa ini dipakai seperti sehelai popok sekitar pinggang astronot. Sensor akan mendeteksi jika pemakai melepaskannya, secara otomatis mengaitkan pipa saluran pembuangan ke tempat penampungan. Disamping itu, toilet ini dapat secara otomatis mencuci dan mengeringkan pemakainya setelah digunakan.

Selain itu, toilet ini dirancang untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dan bunyi yang mengganggu. Space toilet didirikan beberapa waktu yang lalu. Peneliti JAXA menambahkan insinyur dari sektor swasta.

Menurut laporan media masa Jepang, peserta datang dari aneka rupa perusahaan toilet dan pengusaha pabrik kimia, para arsitek terbaik dan insinyur dari Shimizu Corporation. Rencana pengujian prototip toilet angkasa akan dilakukan di Kibo lab di Pos Angkasa Internasional (ISS) Jepang.

Pengembang menunjukkan toilet angkasa ini ternyata dapat digunakan di bumi terutama rumah sakit. Penggunaan toilet ini memerlukan percobaan sebelum menuju ke angkasa, Terutama jika seorang memakai secara tak semestinya, mempunyai potensi menjadi berantakan.


Pemimpin JAXA Space Biomedical Research Office Chiaki Mukai menanti-nanti perkembangan WC baru. Mukai mengatakan toilet memegang peranan penting dalam memelihara kesehatan di angkasa. Karena jika terlalu lama di angkasa menyebabkan tingkat stres yang tinggi baik dalam pikiran maupun badan.

sumber : http://www.kematian.biz/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar