Jumat, 12 Juni 2009

Wisata Alam di Kab. Lombok Tengah

Selain pantai Kuta & Tanjung A'an yang terkenal sampai ke Mancanegara, Kab. Lombok Tengah juga mempunyai Obyek Wisata yang tidak kalah menariknya seperti :

Pemandian Aik Bukak
Objek wisata tertua di Kabupaten Lombok Tengah dibangun sekitar tahun 1970, berupa kolam pemandian yang dikelilingi hutan hijau dengan suasana alam yang segar. Airnya jernih dengan beragam tempat untuk mandi. Aik Bukak menawarkan nuansa berlibur yang berbeda bagi keluarga. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk rekreasi dan mandi, restoran, tempat pertemuan, penginapan dan juga toko-toko souvenir. Berlokasi di Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara, sekitar 20 Km utara Kota Praya. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan pada hari Minggu dan saat liburan.



Air Terjun Benang Stokel
Berlokasi di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara, sekitar 22 Km dari Kota Praya. Airnya yang jernih dan dingin jatuh dari ketinggian 20 meter melalui celah bebatuan yang ditutupi berbagai jenis tumbuhan Membentuk dinding hijau hingga ke jeram, dimana terdapat kolam kecil tempat pemandian. Air berjatuhan saling mendahului, beriak tampak kegirang, bersemburan ke bawah dan menimbulkan suara bak air yang sedang mendidih. Penduduk setempat meyakini bahwa air tersebut bisa menyembuhkan penyakit. Fasilitas yang tersedia seperti warung makan, warung kopi, penginapan pada rumah penduduk, dan pos pengamanan pariwisata. Objek ini ramai dikunjungi setiap liburan dan hari minggu.

Air Terjun Benang Kelambu
Air terjun bagaikan kelambu yang menggantung di atas udara, tertiup angin segar membentuk panggung panorama yang sungguh mempesona. Lokasinya hanya 1 Km dari Air Terjun Benang Setokel, bisa ditempuh dengan kendaran kemudian pengunjung berjalan di jalan setapak di tengah hutan yang dihuni oleh kera berekor panjang untuk menuju lokasi. Airnya dingin dan alami yang mengalir dari celah-celah bebatuan dari ketinggian 35 meter. Wisatawan sangat menyukai objek ini sebagai tempat pemandian sembari menikmati indahnya panorama alam saat liburan.

Perkebunan Kopi Persil
Perkebunan kopi yang terbentang luas di lereng barat daya Gunung Rinjani sekitar 1020 meter dpl. Dibangun sejak tahun 1930 dan merupakan salah satu warisan Belanda. Sekarang menjadi milik Pemerintah Daerah setempat yang dikelola oleh perusahaan swasta dengan lahan seluas 270 hektar. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas liburan berupa kolam pemancingan, taman, penginapan, gedung pertemuan dan warung. Areal agro wisata ini dikelilingi dengan pemandangan alam yang menawan dan suasana yang sejuk, memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk berlibur. Berlokasi di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara sekitar 25 Km utara Kota Praya



2 komentar:

  1. objek pariwisata memang ada di wilayah kami, tapi mengapa sampai sekarang infrastruktur jalan di desa kami belum juga dilaksanakan.

    BalasHapus
  2. cuma desa kami(desa lantan, kec. Batukliang Utara) yang belum mendapat perbaikan jalan, bapak-bapak pejabat sendiri telah menyaksikan secara lansung betapa buruknya infrastruktur jalan yang ada di desa kami, tapi mengapa sampai sekarang permohonan kami belum juga di dengar.kami mohon pak!, dengarkan permohonan kami.

    BalasHapus