Rabu, 08 April 2009

GILI TERAWANGAN

Objek wisata Gili atau Pulau Kecil Terawangan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) paling ramai dikunjungi wisatawan mencapai 40 ribu orang per tahun. "Sementara dua Gili lainnya, yakni Gili Meno dan Gili Air dikunjungi sekitar 20 ribu wisatawan per tahun," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Lombok Barat Tjok Sutendrarai di Mataram.

Gili Trawangan dengan luas sekitar 338 hektare baru dikembangkan menjadi objek wisata pada era 1980-an dan mengandalkan wisata bahari dengan pantai dan taman bawah laut.

Bahkan di Gili Terawangan terdapat karang biru yang merupakan satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia terdapat ada dua tempat karang biru, yakni d Karabia dan Gili Terawangan.
Dalam mengembangkan Gili Terawangan sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengambil kebijakan pengembangan berbasis masyarakat.

Hanya investor lokal yang diperkenankan membuka usaha disini, dan semua tempat penginapan berbentuk cottage kelas melati dan tidak boleh ada hotel berbintang.

Jumlah kamar penginapan yang tersedia sekitar 700 kamar dengan tarif per malam bervariasi antara 35 ribu hingga satu juta rupiah dimana setiap cottage di tempat ini menawarkan peralatan menyelam snorkeling untuk melihat pemandangan taman laut di pinggir pantai.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB akan membangun jetty (dermaga) untuk yacht (kapal persiar) yang belakangan ini makin ramai mengunjungi ke tiga objek wisata tersebut.

"Dengan adanya dermaga khusus itu, diharapkan wisatawan akan makin banyak datang, sehingga memberi penghasilan tambahan bagi masyarakat pedagang cendera mata di daerah itu," ujarnya.

Gili trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Diantara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai Tîr na Nôg mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini. Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian.
Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat dimana para wisatawan bisa belajar berkuda mengelilingi pulau. Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke- dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Gili Trawangan adalah Pulau terbesar dari ketiga pulau, yang lebih dikenal dengan “ Party Island “ mayoritas tourist yang datang anak-anak muda, Mayoritas resort (akomodasi) berada disisi sebelah timur pulau, dengan harga berkisar antara € 5 sampai € 78. setelah diving anda bisa having fun setiap malam di salah satu party organizer, atau relax bersama-sama dengan diver-diver yang lain.

Sekedar informasi untuk Hotel dan Restorant yang ada di Gili Terawangan - Lombok :

Hotel Villa Ombak adalah Hotel internasional pertama di pulau Gili Trawangan. Hotel ini menyatukan akomodasi kelas 01 dengan keindahan alam dari pulau tropis kecil. Temukann surga dunia di salah satu dari 60 lumbung huts atau Bungalows yang ada di Villa Ombak Gili Trawangan ini. Hotel ini merupakan hotel termewah yg ada di pulau Gilis dan juga lokasi strategis dengan keindahan matahari terbit di balik gunung Rinjani.
Total 60 Guestrooms, 12 Superior Lumbung Hut rooms, 12 Deluxe Lumbung Hut rooms, 12 Deluxe Family Bungalow rooms, 24 Deluxe Ombak rooms

Dengan fasilitas Semua kamar pakai AC, in room safe, Minibar, fridge, Coffe/Tea maker, satellite TV, Telephone, kamar mandi besar

2Storey Beachside Restaurant, Beachbar, Beach restaurant, Pizzeria, SPA dengan Massage and Body treatment facilities, Lobby-Lounge, 3 Level Swimming Pool, Pool bar, Diving Academy, Internet café,Klinik, Gift and drugstore, 200m pantai Hotel

Adapun Hotel - hotel lain yang ada di Gili Terawangan :

BLUE BEACH COTTAGES & CAFE

BLUE MARLIN CAFE & BUNGALOWS

DIVE INDONESIA CAFE & BUNGALOWS

DREAM DIVERS BUNGALOWS, BAR & RESTAURANT

RUDY'S PUB, RESTAURANT & BUNGALOWS

TIR NA NOG IRISH BAR, RESTAURANT & BUNGALOWS

MARTA GUESTHOUSE

SAMA SAMA BUNGALOWS

MANTA BUNGALOWS

VILLA ALMARIK

DESA DUNIA BEDA RESORT

GOOD HEART BUNGALOWS

NUSA TIGA BUNGALOWS

VILLA HARI PURI

VILLA BARUNA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar