Sabtu, 25 April 2009

KABUPATEN LOMBOK UTARA

Mataram (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto , Selasa, meresmikan Kabupaten Lombok Utara (KLU), Nusa Tenggara Barat, sekaligus melantik Lalu Bakri sebagai penjabat bupati daerah itu.

Peresmian daerah otonom baru sebagai implementasi UU No. 26/2007 itu digelar di lapangan Bumi Gora depan kantor Gubernur NTB di Mataram, ditandai dengan penekanan tombol pembukaan peta wilayah Lombok Utara dan penandatangan an prasasti oleh Mendagri didampingi Gubernur NTB, H.M. Zainul Majdi.

Lombok Utara memiliki luas wilayah sekitar 776,25 kilomenter persegi yang meliputi lima kecamatan, yakni Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan dan Bayan ini beribukota di Kecamatan Tanjung

Ia mengatakan, Kabupaten Lombok Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat dengan jumlah penduduk 204.556 jiwa. Potensi menonjol daerah itu adalah bidang pertanian, perkebunan, peternakan, pertambangan, perikanan dan pariwisata.


Menurut Mendagri, dari sisi pariwisata Lombok Utara juga cukup menjanjikan, antara lain wisata alam Gunung Rinjani yang berketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut) serta danau Segara Anak, dan beraneka ragam flora maupun fauna, air terjun serta partai pasir putih dan blue coral (karang biru) terindah di dunia.

"Keunikan dan kekhasan adat budaya Dusun tradiosional Segenter di Kecamatan Bayan dengan berbagai upacara adat dan kesenian peninggalan nenak moyang yang unik," ujarnya.

Pemekaran Lombok Utara sebagai daerah otonom dimaksudkan untuk mempersingkat rentang kendali biorkrasi dalam upaya pengembangan daerah.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini saya mengucapkan selamat kepada seluruh komponen masyarakat di daerah ini atas terbentuknya KLU dan saya juga mengucapkan selamat kepada Penjabat Bupati KLU atas kepercayaan pemerintah untuk mengawali dan meletakkan dasar-dasar pengelolaan administrasi di daerah yang diresmikan itu," katanya.

Mendagri juga menyampaikan penghargaan yang tinggi diiringi ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan terbentuknya KLU, khususnya kepada pemerintah dan anggota DPR RI dan anggota Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD).

Selain itu Mendagri juga menyampaikan penghargaan kepada Gubernur dan DPRD Provinsi NTB, DPRD Lombok Barat serta seluruh masyarakat yang ikut membantu terbentuknya daerah otonum baru tersebut.

"Sebagai rangkaian acara peresmian KLU, saya atas nama presiden telah melantik Drs. H. Lalu Bakri sebagai Penjabat Bupati KLU berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 131.52-1001 tahun 2008 tertanggakl 24 Desember 2008 dengan masa jabatan paling lama satu tahun." kata Mendagri.

Dalam waktu yang relatif singkat itu tumpuan dan harapan tertuju kepada Penjabat Bupati yang baru saja dilantik untuk memotivasi, menggunakan, dan menyinergikan seluruh potensi yang ada.

3 komentar:

  1. ada pendapat pemekaran itu perlu dikaji karena berpotensi timbulkan konflik dan ada yang bilang perlu lalu mana yang benar ya semoga kita bisa lakukan pemekaran dengan penuh cinta kasih dan kedamaian denganlandasan kepentingan umum bukan pribadi kelompk dan golongan ..selamat dan salam sukses !

    BalasHapus
  2. okaay... thanks atas komentnya, salam sukses juga Pak..

    BalasHapus
  3. oke salam kenal dari kami kru sman 1 gangga lombok utara.... biar kita makin erat hubungan masi kita saling berkunjung blog... ni alamatku komen jgya,,, http://www.sman1ganggalombokutara.blogspot.com terimakasih....

    BalasHapus