Minggu, 12 April 2009

KOTA MATARAM

Mataram adalah ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan merupakan kota terbesar di Pulau Lombok. Mataram sebenarnya merupakan gabungan dari empat kota yang lebih kecil yaitu Ampenan yang merupakan wilayah pelabuhan; Mataram sebagai pusat pemerintahan; Cakranegara sebagai kawasan perdagangan dan Bertais yang memiliki terminal angkutan.
Ke-empat wilayah tersebut dihubungkan oleh sebuah jalan utama yang melintang dari barat ke timur. Dimulai dari Jl pabean di Ampenan kemudian melintang ke arah timur menjadi Jl Yos Sudarso, Jl Langko, Jl Pejanggik hingga Jl Selaparang di Bertais. Sarana transportasi yang tersedia di kota Mataram berupa transportasi darat, Laut dan udara. Berkeliling kota dapat di lakukan dengan menggunakan berbagai kendaraan tradisional yang di sebut cidomo yang digunakan untuk perjalanan jarak dekat.
Wisatawan yang akan mengunjungi kota Martaram dapat dilakukan dengan transportasi laut melalui Pelabuhan Lembar yang terletak di Kabupaten Lombok Barat sebelah Barat Laut Kota Mataram. Pelabuhan Lembar menghubungkan Pulau Bali dan Lombok. Para Wisatawan yang mengunjungi Mataram dapat mempergunakan Ferry biasa yang melakukan penyeberangan satu kali sehari.


Obyek wisata di kota Mataram ini antara lain adalah Pura Meru yang
erhadapan dengan Istana Air Mayura di Jl Selaparang yang dibangun tahun 1720 dan merupakan salah satu pura Hindu Bali tertua di Pulau Lombok. Letak Pura ini di tengah kota Cakranegara, mudah dijangkau, banyak kendaraan umum dan dekat dengan hotel, baik hotel berbintang maupun hotel-hotel Melati. Pura ini dibangun oleh seorang pangeran dari Bali bernama Anak Agung Made Karang sebagai upaya untuk menyatukan berbagai kerajaan kecil yang ada di Lombok ketika itu. Pura ini juga menjadi simbol alam semesta dan penghormatan terhadap tiga dewa utama Agama Hindu yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.



Di halaman pura terdapat sebuah bangunan di mana di dalamnya terdapat tetabuhan kayu yang akan dipukul untuk memanggil atau mengundang masyarakat melaksanakan berbagai kegiatan seperti upacara agama atau festival kebudayaan yang biasanya diadakan setiap bulan Juni


Secara administratif NTB beribukota di Kota Mataram dan terdiri atas 7(tujuh) Kabupaten dan 2 (dua) Kota, masing-masing 4 (empat) Kabupaten/Kota berada di Pulau Lombok dan 5(lima) Kabupaten/Kota berada di Pulau Sumbawa.


KOTA MATARAM

Kota Mataram merupakan ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat, sekaligus ibukota Pemerintah Kota Mataram yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu kecamatan Ampenan, kecamatan Mataram dan kecamatan Cakranegara, serta memiliki 23 kelurahan dengan luas wilayah 6,130 ha, jumlah penduduk 303,441 jiwa (berdasarkan sensus penduduk tahun 1999).


Sarana transportsi yang tersedia di kota Mataram berupa transportasi darat, Laut dan udara. Berkeliling kota dapat di lakukan dengan menggunakan berbagai macam kendaraan misalnya : kendaraan umum ataupun kendaraan tradisional. Kendaraan umum seperti bemo di gunakan untuk berkeliling kota sedangkan kendaraan tradisional yang di sebut cidomo digunakan untuk perjalanan jarak dekat. Para Wisatawan yang akan mengunjungi kota Martaram dapat dilakukan dengan transportasi laut melalui Pelabuhan Lembar yang terletak di Kabupaten Lombok Barat sebelah Barat Laut Kota Mataram. Pelabuhan Lembar menghubungkan Pulau Bali dan Lombok.



Para Wisatawan yang mengunjungi Mataram dapat mempergunakan Ferry biasa yang melakukan penyebrangan satu kali sehari. Untuk mencapai Kota Mataram dapat menggunakan Transportasi Umum yang tersedia di Terminal Mandalika Bertais.



Kota Mataram memiliki pelabuhan udara yaitu : Bandara Selaparang , yang mampu didarati oleh pesawat - pesawat besar seperti : Fokker 28 dan Boing 737 . Penerbagan dalam negeri dilayani oleh berbagai persuhaan penerbangan seperti Garuda Indonesia Airwys, Merpati Nusantara Lion Air, dan GT Air


SENTRA KERAJINAN
RUNGKANG
Runngkang terletak di kelurahan Sayang - sayang , kecamatan Cakranegara , sekitar 4,5 km dari kota Mataram. Tempat ini merupakan pusat kerajinan tradisional yang mempunyai beberapa showroom yang di tampung melalui Koprasi " Pade Angen " Koprasi ini mengkoordinir para pengerajin yang ada disekitarnya. Adapun barang - barang yang di pasarkan seperti peti antik, ketak, patung , gerabah, dan produk - produk lain yang terbuat dari kayu, tulang dan tanduk.



SINDU DAN SAKSARI
Sindu dan Saksari terletak di Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara , sekitar 3 km kerajinan tangan yang menggunakan kayu, tunduk dan tulang untuk membuat barang - barang cindramata seperti tongkat berukir, Lampu antik, topeng, gagang dan sarung keris, gantungan kunci dll.



SEKARBELA
Sekarbela terletak di Kelurahan Karang Pule Mataram. Kecamatan Ampenan, sekitar 4 km dari Mataram. Tempat ini merupakan pusat dari kerajinan emas dan mutiara yang dapat di pergunakan sebagai perhiasan dan cindramata.



KAMASAN
Terletak dikelurahan Monjok , Kecamatan Mataram , sekitar 1 km dari pusat kota. Kamasan terkenal sebagai pusat kerajinan tangan emas dan perak seperti gelang , kalung , cicin dan produk lainya yang terbuat dari emas dan perak murni.

Nama Hotel - hotel yang ada di kota Mataram :

Granada Hotel Jl.Bung Karno No.8 Mataram Tel. 26015 2.
Hotel Handika Jl.Panca Usaha No.3 Mataram Tel. 33578
Hotel Kamboja Jl.W.R.Supratman no.10Mataram Tel. 22211
Hotel Kertayoga Jl.Pejanggik no.64 Mataram Tel 21775
Hotel Rinjani Jl.Catur Warga No.18 Mataram Tel. 31633
Hotel Tenang Jl.Catur Warga No.2 Mataram Tel. 23345
Hotel Chandra Jl.Panca Warga No.55 Mataram Tel. 23979
Mareja Sari Guna I Jl.Pariwisata No,26 Mataram, Tel. 21074
Mareja Sari Guna II Jl.Pariwisata no.9 Mataram, Tel. 21074
Giri Putri Jl.Catur Warga No.29 Mataram Tel. 23222
Wisma Nusantara I Jl.R.Suprapto no.28 Mataram, Tel.23492
Wisma Paradiso Jl.Angkasa no. 3 Mataram Tel. 22074
Graha Ayu Jl.Ismail Marzuki Mataram, Tel. 35697
Pondok Wisata Griya Arsy Jl.Pendidikan no.56 B Mataram, Tel. 33098
Arum Jaya Jl.Pura Pancaka No.27 Mataram, Tel.33098
Sayung Restaurant Jl.Bung Karno,Mataram. Tel. 22074


3 komentar:

  1. bwt semua org Indonesia harap buka blog ini..

    indonbodoh.blogspot.com

    BalasHapus
  2. hello, selamat malam, berkunjung ke warung bali-lovebali di http://warungbali.blog.friendster.com/
    terima kasih

    BalasHapus
  3. thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

    BalasHapus