Kamis, 07 Mei 2009

BIMA

BIMA dan ISTANA BIMA : Bima-Raba adalah lbu kota Kabupaten yang selalu menjadi tempat persinggahan dan menghubungkan daerah timur,tengah dan barat dari Indonesia. Dengan mengunjungi Istana Kesultanan terlebih dahulu kita akan ditunjukkan barang-barang bersejarah yang menarik, seperti mahkota kesultanan dan beberapa keris yang bersarung emas dengan tangkai yang terbuat dari gading.

DESA RABA-DOMPU : Merupakan tempat produksi kain Mbojo yang terkenal, masyarakatnya masih menenun kain-kain indah itu dengan menggunakan cara tradisional dan menghasilkan produk dengan kualitas tinggi dan desain yang halus.

DESA DONGGO : Donggo, dengan jarak 40 Km adalah desa tertua di Bima, penduduk desa ini memiliki pakaian dan tradisi yang berbeda dari desa-desa lainnya. Mereka memelihara tradisi etnik uniknya dengan selalu memakai pakaian hitam, masih mempertahankan tingkatan hierarkinya dan membangun rumah tradisional mereka sendiri. Penduduk desa Donggo bermata pencaharian sebagai petani dan mengolah lahan berair mereka yang berada di lembah-lembah bukit. Mereka juga memproduksi kain tenun yang tahap-tahap pembuatan dimulai dari menentukan pola sampai pencelupan kain menggunakan bahan dan alat yang masih tradisional. Kerajinan lain yang di hasilkan daerah ini adalah tulisan kuno Sanskrit yang di masukkan ke dalam tabung batu.

MADA PANGGA : Dengan hutan tropisnya, Mada Pangga adalah tempat yang memiliki kecantikan alam yang indah dengan banyak pohon jati yang tumbuh subur dengan juga ditinggali oleh binatang liar dan burung warna-warni.

GUNUNG SANGEANG : Gunung berapi yang selalu mengeluarkan asap yang menjulang setinggi 2000 M di tengah laut dan berada di sebelah timur-laut lepas pantai. Di lembah dan daerah sekitar Sangeang popular dengan pemandangan yang mengajarkan tentang lingkungan alam kita. Sebuah tempatyang di kelilingi air laut yang biru jernih, gunung ini dapat di kunjungi dengan mudah dengan menggunakan boat atau perahu dari Bima.

SAPE: Sape berada di timur laut, merupakan rute utama wisata bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau Komodo, hewan reptil terbesar yang terkenal dengan sebutan "Naga". Sape berjarak 4 Km dari pelabuhan (Labuan Sape) kebudayaan di daerah paling timur ini berbeda dari yang lainnya. Pantai kearah utara dari Lamere sampai Matambolo bagus untuk berenang, berjemur dan menikmati sunrise (terbitnya matahari).

DAERAH WAWO-MARIA : Berlokasi di rute wisata yang menghubungkan Bima dan Pulau Komodo, daerah Wawo-Maria memproduksi kain dengan kualitas tinggi dan desain/motif yang halus. Maria sendiri terkenal karena lumbung tradisionalnya (Lengge) yang di buat berkumpul di sebuah bukit di luar desa. Dekat dengan Wawo, terdapat tempat rekreasi yang di buat oleh kolonial Belanda di namakan Ai-Wobo, yang juga memiliki sebuah pesanggrahan (pesanggrahan Wawo), kolam renang yang airnya dari sumber mata air dan juga menyediakan penginapan wisatawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar