Kamis, 07 Mei 2009

RINJANI DIUSULKAN JADI GEOPARK

Dua Gunung berapi yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Barat, Yakni Gunung Rinjani di Pulau Lombok dan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa merupakan asset tak ternilai bagi daerah ini. Gunung Rinjani yang menyimpan panorama alam nan lengkap ini, kini tengah diusulkan pemerintah Indonesia untuk menjadi taman bumi (geopark). Saat ini, usulan tersebut tengah dikaji oleh UNESCO. Jika Rinjani akhirnya berhasil menjadi geopark, maka gunung api tertinggi kedua di Indonesia ini akan menjadi geopark ke-tiga di dunia akan menjadi yang pertama di Indonesia. Sementara itu, Gunung Tambora dikenal karena letusannya yang maha dahsyat, yang berpengaruh hingga belahan bumi lain.

Karena itulah Gunung Tambora kini menarik perhatian banyak geolog dunia. Karena dua gunung menjadi asset NTB ini memiliki nilai strategis, pemerintah Provinsi NTB kini tengah menyusun rencana penyelenggaraan konfrensi ecotourism di NTB.

Menurut Gubernur NTB M. Zainul Majdi, kegiatan ini sangat cocok diselenggarakan di NTB karena NTB memiliki dua Gunung api aktif yang kini terus menyita perhatian dan menjadi daya tarik dunia. Jika konfrensi ini berhasil diselenggarakan, akan memberikan kontribusi positif terhadap perubahan iklim global yang kini melanda dunia. Keinginan untuk menyelenggarakan konfrensi ecotourism oleh pemrintah Provinsi NTB berkaca dari penyelenggaraan konfrensi kelauatn tingkat dunia yang diselenggarakan di Sulawesi Utara. “Kalau Sulawesi Utara dengan konfrensi kelautannya, maka kita bisa menyelenggarakan konfrensi ecotourism di NTB karena kita memiliki dua gunung api yang masih aktif yang sangat memikat,” ujar gubernur yang baru-baru ini menyempatkan diri mendaki Gunung Rinjani untuk melihat langsung panorama eksotik yang tiap tahun di datangi oleh 12.000 pendaki tersebut. Ia yakin konfrensi ini akan menarik perhatian geolog-geolog dunia dan konfrensi akan diparalelkan dengan Visit Lombok Sumbawa 2012.

Sumber : Tabloid Tokoh. 5-11 April 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar