Kamis, 07 Mei 2009

SUMBAWA

DAM (WADUK) BATU BULAN : DAM Batu Bulan adalah Waduk yang diperuntukkan untuk proyek pengairan, dengan total kapasitas 54 juta m3. waduk ini berlokasi di Kabupaten Sumbawa dan mensuplai air untuk mengairi 5576 Ha lahan. Proyek ini lebih lanjut memberikan kontribusi berupa income bagi para petani dan pengembangan komoditas-komoditas lokalnya. DAM ini berkembang menjadi tempat rekreasi lokal yang cukup populer yang kemudian pengembangannya dipusatkan pada kegiatan pariwisata termasuk didalamnya berlayar,memancing pembangunan restoran dan pengadaan kegiatan-kegiatan budaya.

BATU TERENG : Gua Liang Petang berlokasi di desa Batu Tereng yang berjarak 29 Km di selatan Sumbawa Besar. Dengan daya tarik stalagmit dan stalaktit yang merupakan fenomena alam yang sangat mempesona. Beberapa diantaranya pun tampak seperti ombak. Dan di gua yang lain (masih berada di daerah ini) merupakan rumah bagi ratusan kelelawar bush. Di Ai-Renung terdapat peti Mati yang terbuat dari batu. Nisan batu ini telah di buat kurang lebih 2000 tahun lalu.

PULAU BUNGIN : Pulau yang berlokasi dekat Alas tepatnya di sebelah barat-laut, Sumbawa, merupakan pulau dengan populasi terpadat di dunia. Pulau yang terbuat dari koral-koral dan pasir ini hampir tidak memilki tanah kosong. Pulau ini di diami oleh orang-orang Bajo dan daerah ini menjadi semakin besar seiring dengan pertambahan populasi penduduknya.

PULAU MOYO : Pulau Moyo memiliki cadangan fauna yang cukup besar, dimana di tempat ini kita dapat melakukan pengamatan untuk hewan liar, diataranya babi hutan, kijang dan berbagai jenis burung yang menawan. Pulau ini juga di kelilingi oleh perairan yang sangat jernih dengan ekosistim terumbu karang yang spektakuler sehingga pulau ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk snorkeling dan menyelam.Untuk tempat menginap di sini telah tersedia sebuah Resort (Amanwana Resort) lengkap dengan tenda-tenda mewah. Perjalanan ke Moyo ditempuh dengan menggunakan Boat dari teluk Kencana.atau dari air Bari di sebelah utara Sumbawa Besar.

PLAMPANG dan EMPANG : Di bagian timur Kabupaten Sumbawa merupakan lahan pertanian yang menarik dengan perbukitan dan sistem pengairan yang baik, pantai-pantai dengan ombak-ombak yang cocok untuk berselancar di daerah selatannya. SEMONGKAT : Berlokasi di Batu Tereng di bagian selatan Sumbawa Besar, daerah rekreasi ini merupakan daerah yang sangat cocok untuk menghindari panas, berada di lembah dari perbukitan dengan udara yang sejuk dengan panorama daerah yang menawan.

ISTANA KESULTANAN (DALAM LOKA) : Berlokasi di Sumbawa Besar, istana kesultanan ini menyimpan beberapa catatan dan silsilah kuno dari struktur kesultanan Sumbawa. Bangunan yang megah dengan desain tradisional dan memilki 99 tiang/pilar kayu yang bertujuan untuk mengingatkan kita pada Asmaul-Husna yaitu 99 nama yang di miliki Allah.

UTAN-BATU GONG : Jauh sebelum Agama Hindu menyebar di Bali, Sumbawa merupakan salah satu kerajaan Hindu. Batu Gong berlokasi di desa Batu Orong Bawa dekat Utan yang menyimpan bukti-bukti pengaruh budaya Hindu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar