Kamis, 07 Mei 2009

DOMPU

DAERAH PANTAI NEIHU : Merupakan pantai di pinggir jalan yang menuju ke arah ibukota kabupaten Dompu dan jika di lihat dari alas bukit maka akan menawarkan pemandanagn alam yang fantastis.

DORO BATU : Hanya berjarak 1 Km dari Dompu, Doro Batu merupakan daerah yang memendam barang-barang arkeologi. Daerah ini dulunya pernah menjadi tempat berdirinya sebuah kerajaan besar, disini kita akan menemukan sisa-sisa keruntuhan dari istana Dompu yang telah tertutup oleh abu vulkanik dari letusan gunung Tambora di tahun 1815.

HU'U dan PANTAI LAKEY : Beberapa ombak yang terbaik dapat di temukan di pantai selatan ini, ombak untuk berselancar tersebut berbentuk memanjang mengikuti garis karang. Titik peselancaran yang terkenal antara lain Tanjung Lakey, Periscope, Cobblestones, dll. Dan di tempat-tempat lain kita akan menemukan koral-koral yang melimpah. Tempat ini merupakan tempat yang berkelas di antara tempat-tempat menarik lainnya di daerah ini. di tambah dengan adanya beberapa gua dan sumber air panas. Dengan penginapan yang memuaskan dengan hotel-hotel kecil dengan kulitas bagus dan Guest House yang sangat menyenangkan di sepanjang pantai.

LEPADI : Berjarak 5 Km ke arah selatan Dompu, Lepadi terkenal sebagai tempat pacuan kuda tradisional terbaik yang di adakan setiap tahun. Pacuan kuda ini memiliki ciri khas yaitu joki cilik, joki-joki ini adalah anak-anak yang berusia tidak lebih dari 8 tahun. Pacuan kuda serupa juga selalu diadakan dalam berbagai waktu dalam setahun di tempat yang berbeda di daerah Sumbawa.

GUNUNG TAMBORA : Dengan 3 hari pendakian di mulai dari desa kecil (desa Pancasila) dekat Calabai akan membawa anda melewati hutan hujan tropic kesebuah penciptaan yang begitu besar dan mengagumkan. Tambora Utara dengan hutan belantaranya (80.000 Ha) dan Tambora Selatan dengan padang berburunya (30.000 Ha) adalah 2 tempat yang berada di barat-laut dari Bima, Kehidupan liar seperti kijang dan babi liar akan dapat kita jumpai di tempat ini.

RANGGO : Desa Ranggo berada dijalan yang kita lewati ke pantai Lakey ini terkenal dengan tenun tradisionalnya beberapa bahkan di buat dari sutra. Rumah-rumah yang di cat indah juga menambah semarak pinggiran desa itu.

SATONDA : Pulau kecil ini terdiri dari timbulan gunung merapi (300 m) dan memiliki keistimewaan geolical yang unik dengan danau garamnya. Kerusakan hutan di pulau yang di sebabkan oleh letusan gunung Tambora pada tahun 1815 memberikan kesempatan yang langka untuk memeriksa kembali pelajaran tentang kolonisasi hutan. Hutan di pulau ini juga merupakan rumah bagi berbagai species burung dan ikan endemik, penyu laut juga rajin berkunjung ke pulau ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar