Kamis, 07 Mei 2009

LOMBOK TIMUR

BIRAK : Desa tradisional ini berada di Timur-Laut gunung Rinjani dan berdekatan dengan lokasi air terjun Mayung Putik (Kijang Putih).

MASBAGIK TIMUR : Daerah ini dikenal karena disini dahulunya merupakan tempat pembuatan gerabah yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga, yang lebih lanjut mereka beralih untuk memproduksi jenis-jenis gerabah yang lain seperti barang-barang cinderamata yang tetap dibuat secara tradisional.

EKAS dan KALIANTAN : Letak daerah yang tinggi membuat Ekas memiliki pemandangan yang sangat indah dengan letak yang berseberangan dengan Teluk Ekas yang berada di sudut Tenggara Lombok sehingga menjadikannya pantai berbukit yang luar biasa dan merupakan daerah eko-wisata yang terbaik. Lanjut kesebelah selatannya di pantai Ekas Paninsular Kaliantan memiliki pantai pasir putih dan ombak untuk berselancar yang bagus. Di tempat ini juga diselenggarakan acara Bau Nyale yang waktunya sama dengan di Pantai Kuta.

GILI LAWANG, SULAT, PETAGAN dan KALIANTAN : Pulau-pulau kecil ini berada di Timur-Laut Lombok. Pulau-pulau ini tidak berpenghuni kecuali oleh kawanan Kera dan burung-burung aneka rupa. Dengan pantai pasir putih dan ikan yang cantik dan dengan keberadaan hutan Manggrove (bakau) menambah ke elokan pulau ini. Dengan adanya kelompok terumbu karang yang luas telah memelihara dan memberikan perlindungan daerah lokal dan desa-desa penduduk dari abrasi air laut.

JERUK MANIS dan OTAK KOKO GADING : Di sebelah timur dari arah Mataram di dekat daerah Tete Batu, terdapat air terjun Jeruk Manis, terletak berdampingan dengan hutan alam. Penduduk lokal menamakan air terjun ini dengan nama Aik Temer dikarenakan kepercayaan mereka bahwa airnya dapat menyembuhkan kebotakan dan tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat pula air terjun Otak Koko Gading yang juga dipercaya warga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

MAKAM SELAPARANG : Makam keramat Raja Selaparang ini berlokasi di desa Peresak Pringgasela.

LABUHAN LOMBOK (KAYANGAN) : Pelabuhan ini menghubungkan pulau Lombok dan Poto Tano di Sumbawa dan juga melayani rute kapal yang langsung dari Lombok ke Taliwang, Maluk (pantai-pantai untuk berselancar lainnya), Bima, Komodo dan wilayah timur Indonesia. Tempat menginap sementara juga tersedia disini.

LABUHAN PANDAN : Travel Boat dari Labuhan Pandan ini khusus menuju daerah pulau-pulau di gili Sulat, Petagan dan Lampu. Di sini juga menyediakan transportasi untuk mengunjungi daerah-daerah menarik di Sambelia.

LENEK : Terkenal dengan tarian tradisional Sasaknya. Lenek juga merupakan tempat hidup/habitat dari spesies Kera berbulu perak. Di desa ini pengunjung dapat juga membeli barang kerajinan penduduk yang cukup berkelas.

LEMOR : Adalah wilayah pinggir hutan belantara yang memiliki kolam renang yang airnya bersumber dari mata air, suhunya sangat dingin dan memiliki panorama yang indah.

LOYOK dan KOTARAJA : Loyok, Kotaraja dan daerah sekitarnya terkenal dengan kerajinan anyaman bambunya dengan begitu banyak desain-desain lokal yang merupakan kreasi dan bakat pengrajinnya yang bekerja dengan ulet dan sangat teliti sehingga menghasilkan karya yang begitu indah.

PRINGGASELA : Desa ini berada di timur Lombok, terkenal oleh kain tenun tradisionalnya 'Tenon Gedongan" yang masih di buat dengan alas tenun tradisional yang di ikat di belakang penenun. Kain tenun ini sangat terkenal karena penampilan yang alami dan sangat diminati di luar negeri.

TETE BATU : Berlokasi ke arah utara mengikuti jalan dari Loyok. Desa ini masih berlokasi dalam areal lembah dari gunung Rinjani, memiliki pemandangan yang sangat menawan. Berenang di sungai-sungainya yang berkelok-kelok akan menjadi kenangan yang tak terlupakan terlepas dari suhu airnya yang sangat dingin. Melakukan trekking ke kaki gunung Rinjani dan melihat hamparan tanaman padi atau tembakau juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

SAPIT : Berada di dataran tinggi dibagian selatan dengan Pusuk (sebelah Timur Rinjani). Desa kecil pengunungan ini kita akan merasakan ketenangan yang menentramkan jiwa. Dapat di jangkau dari Sembalun atau yang lainnya melewati Aikmel atau Pringgabaya. Beberapa Cottages telah tersedia dengan pemandangan cantiknya yang langsung memperlihatkan hamparan persawahan sampai pinggiran pantai dan pulau Sumbawa.

SEMBALUN : Sembalun terbagi menjadi 2 desa yaitu Desa Sembalun Lawang dan Desa Sembalun Bumbung dengan jarak pemisah masing-masing desa sejauh 2 Km. keduanya masih tergolong desa tradisional. Di Sembalun Lawang, desa Beleq (desa Besar) kita dapat melihat rumah-rumah tradisional yang masih didiami masyarakat lokal, Makam Majapahit atau Gajah Mada dan juga tari tradisional Tandang Mendez. Produk kain tenunnya banyak dicari dan cukup terkenal. Daerah ini terlihat seperti bekas danau yang mengering di antara gunung Rinjani (gunung yang tingginya ± 3726 M di atas permukaan laut) akan tetapi masyarakatnya telah mengubahnya menjadi daerah pertanian (dengan ketinggian ± 1200 m di atas permukaan laut) sebagai tambahan dari hasil pertanian sayuran lokal terdapat proyek pembangunan Green House yang menghasilkan strawberry dan sayur-sayuran. Daerah ini merupakan rute yang langsung menuju puncak gunung Rinjani atau untuk melihat danau Segara Anak. Pusat informasi jalur pendakian tersedia disini (yang salah satunya berada di Senaru) untuk selanjutnya bisa melakukan perjalanan turun dari Sembalun dapat melalui daerah pantai melalui Sapit yang menakjubkan dan akan memberikan pemandangan pantai yang indah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar