Kamis, 07 Mei 2009

LOMBOK BARAT

BANGKO-BANGKO : Berlokasi di ujung barat daya pulau Lombok. Bangko-bangko merupakan tuan rumah dari hutan alami yang mempesona dan merupakan rumah bagi sebagian besar flora dan fauna Lombok dan di tepian hutan terhampar pantai dengan pasir putih dan termasyur di tingkat internasional sebagai lokasi selancar yang bagus.

GILI NANGGU, GENTING, GEDE, dan POH : Tempat-tempat ini merupakan sekumpulan pulau-pulau kecil yang berada di Barat Daya pantai Sekotong. Beberapa pulau bahkan tidak berpenghuni dan seluruhnya adalah pantai pasir putih dilengkapi dengan pohon-pohon kelapa dan pohon bakau. Kedua Gili, yaitu Gili Gede dan Gili Nanggu, memiliki bungalow-bungalow yang dapat ditinggali. Tempat-tempat ini sangat bagus untuk berenang, snorkeling dan bersantai. Anda bisa mengunjungi pulau-pulau ini dengan boat dari Lembar atau dari dekat Mawun ke Gili Nanggu dari Pelangan ke gill Gede. Daerah ini merupakan rute pesisir yang indah dengan beberapa Resort pantai seperti Bola-Bola Paradise, Hotel dan Villa Terapung, serta Sundancer kompleks hotel bintang 5 dan villa-villa juga tengah dikembangkan disini.

LEMBAR : Merupakan pelabuhan utama di NTB diperuntukkan bagi perhubungan Ferry-ferry Lombok dan Padangbai di Bali dan juga kapal-kapal PELNI. Ferry-ferry berlayar setiap jamnya dan perjalanan penyeberangan ini membutuhkan waktu kira-kira 6 jam. Gerung daerah yang berada didekatnya merupakan pusat pembuatan wayang tradisional di Lombok dan juga merupakan ibu kola Kabupaten Lombok Barat.

SEKOTONG : Berlokasi kira-kira 45 Km di arah selatan dari Mataram merupakan daerah dengan pantai pasir putihnya yang asli. Sangat ideal untuk bersantai. Di laut sekelilingnya penuh dengan kehidupan laut yang berwarna-warni. Dengan hanya sedikit menyeberang dari tepi pantainya yang indah kita dapat mengunjungi Gili Nanggu dan Gili Tangkong.

BANYUMULEK : Banyumulek merupakan salah satu pusat pembuatan gerabah di Lombok berlokasi kurang lebih 10 Km ke arah selatan Mataram. Hal ini menjadikan seni Banyumulek dikenal di dunia internasional, pot-pot bunga dengan dekorasi-dekorasi rumit dibuat disini.

BATU LAYAR, MONTONG, MENINTING. SESELA dan GUNUNG SARI : Tempat-tempat ini banyak menyungguhkan kios-kios seni dan tokao-toko kerajinan. Dengan berbagai macam pilihan serta harga yang bagus. Berlokasi disepanjang jalan dari Senggigi ke Mataram.

BATU BOLONG : Batu Bolong ( yang diartikan sebagai batu yang berlubang ) adalah salah satu tempat yang ideal untuk menyaksikan sunset yang megah diatas selat Lombok. Di tempat ini terdapat pura hindu yang dibangun diatas karang hitam dengan konsruksi sedemikian rupa sehingga arahnya tepat menghadap Gunung Agung di Bali yang dapat dilihat dengan mudah diseberang selat Lombok, warna dan musik upacara keagamaan hampir selalu terlihat disini.

SENGGIGI : Berlokasi 10 Km di sebelah Utara Mataram, Senggigi merupakan area Resort tertua dan paling terkenal di Lombok. Tempat sempurna untuk bersantai, Senggigi membanggakan pantai-pantai berpasir putihnya yang aman untuk berenang. Di pusat pantai Senggigi memiliki ombak yang cukup bagus untuk berselancar. Tempat ini juga memiliki terumbu karang yang berwarna-warni yang menyediakan perlindungan bagi biota laut dan dengan bentuk terumbu karangnya yang sangat indah sehingga merupakan tempat yang sangat ideal untuk snorkeling. Senggigi terjangkau untuk semua kalangan, mulai dari restoran esklusif sampai dengan kafe-kafe kecil berjejer di pinggirjalan. Ada banyak Club, Bar dan Cafe yang akan melayani wisatawan yang tinggal disini. Penginapan juga tersedia dengan range dari hotel mewah sampai hotel-hotel kecil dan bungalow-bungalow.

PANTAI KERANDANGAN, MANGSIT, dan MALIMBU : Pantai Kerandangan dan Mangsit berlokasi di sebelah utara tidak jauh dari Senggigi dengan didukung oleh hotel-hotel berkelas, pantai yang bersih sangat memungkinkan tempat ini digunakan untuk berenang, berlayar ataupun untuk bersantai. Lebih ke arah utara di sepanjang panorama jalan adalah pantai Malimbu. Tempat ini juga ideal untuk melakukan kegiatan yang sama.

GUNUNG PENGSONG : Walaupun dinamakan Gunung Pengsong akan tetapi sebenarnya merupakan sebuah bukit yang dari sudut 360' akan menawarkan panorama yang spektakuler. Ditempat ini juga merupakan tempat/habitat Kera. Dengan segala cerita latar belakang sejarah dan keberadaan puranya gunung Pengsong berlokasi 9 Km ke arah Selatan Mataram.

LINGSAR : Lingsar berada di utara Narmada dan memiliki pura Hindu yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai pura Hindu yang paling keramat. Pura ini dibangun tahun 1714 yang pada situasi lebih lanjut juga menjadi tempat pemujaan bagi pribumi Yang menganut ajaran Animisme, Waktu Telu. Kedua kepercayaan yang berbeda ini mengkombinasikan ajaran Animismenya. Sekali dalam setahun mereka berkumpul bersama untuk melakukan upacara bersama untuk menyambut datangnya musim penghujan. Upacara "Perang Topat" dimulai dengan terlebih dahulu melakukan pemujaan di masing-masing pura mereka, kemudian mereka berkumpul di luar pura dan satu sama lain mulai saling melempar dengan beras yang telah dimasak dan di bungkus dalam daun kelapa (janur) yang disebut dengan ketupat/topat.

TAMAN NARMADA : Taman yang cantik dan mengagumkan ini berada 10 Km di Timur Cakranegara terbentang dari Timur ke Barat di daerah dataran tinggi Lombok Barat. Bukit kecil dan danau yang ada di taman ini merupakan replika dari dataran dan danau yang ada di gunung Rinjani (gunung tertinggi dan paling keramat di Lombok). Taman ini di buat oleh Raja Anak Agung Gede Karang Asem saat memerintah Mataram. Menyadari bahwa akan semakin sukar untuk melakukan ziarah tiap tahunnya ke gunung Rinjani karena usianya yang semakin tua maka untuk mempersembahkan sesajen ke Segara Anak yang dikeramati dibuatlah replika di tempat yang lebih rendah.

PUSUK : Berlokasi di bukit sebelah timur Malimbu dan merupakan jalan alternatif menuju ke Bangsal. Pusuk memiliki pemandangan alam yang fantastik, terdapat beberapa hotel kecil dan restoran yang bagus yang juga tidak kalah bagusnya dengan pemandangan alam liarnya. Lautan disini merupakan rumah bagi 2 species kera dan sebagian besar dari mereka tidak takut untuk berinteraksi langsung dengan pengunjung. Tempat inijuga ideal untuk trekking di bukit-bukit dan lembah-lembah dengan airnya yang jernih.

SESAOT : Di bagian utara Suranadi, Sesaot merupakan hutan lindung yang menawan dan terdapat area untuk pejalan kaki. Tempat ini juga populer sebagai tempat rapat/pertemuan dan juga tempat bersantai dengan kolam berair jenih dan sejuk. Dari empat ini kita juga dapat mengunjungi desa-desa terdekat dan perkebunan kopi lokalnya.

PANTAI SIRE : Sire adalah sebuah pantai yang memikat dengan lembah yang menawan, air yang jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Tidak diragukan lagi memberikan kondisi yang sempurna untuk olah raga air. Lombok Golf Kosaido Country Club Golf Course berlokasi di tempat ini, dengan pemandangan Gunung Rinjani disebelah timurnya dan gili-gili di seberang barat teluknya serta 118-hole unik untuk kelas pertandingan berkelas dunia cukup menantang pegolf semua level. 18-hole Golf Course lainnya juga terdapat di Golong, Suranadi dan juga terdapat di pinggir jalan raya di wilayah Ampenan menuju ke Bandara.

SURANADI : Berlokasi di Timur-laut Narmada, Suranadi memiliki salah satu pura suci bagi umat Hindu di Lombok. Pura tersebut terletak di daerah yang cocok untuk bersantai ditambah dengan sumber mata air dan disekitarnya banyak terdapat pondok-pondok penjual ikan segar. Suranadi sendiri sangat membanggakan areal hutan alamnya yang merupakan habitat bagi Kera dan berbagaijenis Burung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar